Mengenal Risk Manager Beserta Besaran Gaji Risk Management Staff

Mengenal Risk Manager Beserta Besaran Gaji Risk Management Staff

Artikel
Rate this post

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai profesi Risk Manager beserta besaran gaji Risk Management Staff. Setiap perusahaan dalam menjalankan operasionalnya bisa saja terkena risiko baik kecil hingga besar. Risiko ini bisa diidentifikasi lewat bermacam metode seperti survei, sesi curah pendapat, wawancara dengan karyawan, dan observasi prosedur perusahaan.

Manajemen yang baik dibutuhkan oleh perusahaan untuk bisa mendeteksi kemungkinan buruk yang akan berdampak pada perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan akan membutuhkan seseorang yang profesional untuk menjadi Risk Manager di perusahaan.

Jadi seperti apa Risk Manager Beserta Besaran Gaji nya? Ikuti penjelasan berikut:

A. Apa Itu Risk Manager?

Risk managerĀ adalah orang yang memiliki tanggung jawab untukĀ mengelola risiko organisasiĀ dan meminimalkan risiko buruk yang berpotensi merugikan perusahaan. Orang ini memiliki tugas mengidentifikasi risiko, mengevaluasi, menentukan strategi terbaik untuk menangani risiko,Ā  menerapkan teknik manajemen risiko yang dipilih, serta mengevaluasi dan memantau program secara berkala.

Risk manager akan memastikan bahwa aset perusahaan aman, bencana tidak terjadi, dan perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk menangani keadaan yang tidak terduga. Jabatan ini penting untuk mengantisipasi suatu peristiwa sehingga mereka bisa dicegah sebelum terjadi.

Seorang risk manager bekerja sama dengan departemen lain untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Baca juga : Risk Management Officer dalam Mengelola Risiko Bisnis

B. Tugas Risk Manager

Seorang Risk Manager memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawab terhadap perusahaan sebagai berikut :

1. Membuat Penilaian Risiko

Seorang risk manager bertugas membuat penilaian risiko secara komprehensif seperti soal keuangan, keselamatan dan keamanan perusahaan. Tugas ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang operasi perusahaan, produk dan layanan, reputasi, dan pelanggan.

Selanjutnya,Ā  seorang risk manager akan melihat apa yang dilakukan perusahaan untuk mencegah risiko dan bagaimana menghadapinya jika terjadi.

2. Identifikasi Risiko

Risk manager melakukan identifikasi, menilai, dan mengelola risiko. Tugas ini bisa dilakukan baik dalam skala besar maupun skala kecil.

Manajemen risiko skala besar misalnya melihat apa yang dilakukan bisnis untuk meningkatkan operasi dan mengurangi risiko kerugian. Sementara manajemen risiko skala kecil mengetahui bagaimana cara mengurangi dampak risiko tertentu pada perusahaan.

3. Mengelola dan Mencegah Terjadinya Risiko

Risk manager bertugas mengembangkan rencana untuk menghindari atau mengurangi dampak risiko pada bisnis. Risiko ini bisa terkait masalah keuangan dan lingkungan, atau masalah hukum dan peraturan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan agar perusahaan bisa tetap beroperasi pada bentuknya saat ini dan meraih tujuannya, serta mampu beradaptasi saat munculnya tantangan.

4. Membangun Kesadaran Risiko

Risk manager bertugas membangun kesadaran risiko di lingkungan perusahaan. Ia bisa mengkomunikasikan dengan karyawan tentang risiko yang dihadapi di tempat kerja serta mendorong semuanya melaporkan masalah apa pun yang sebelum berkembang menjadi masalah.

Selain itu,Ā  risk manager harus memastikan setiap kebijakan perusahaan terkait keselamatan dan kesehatan dibicarakan secara efektif dan konsisten di seluruh bidang.

5. Membuat Kebijakan Asuransi Perusahaan

Risk Manager harus memastikan perusahaan punya rencana asuransi komprehensif mencakup semua risiko dan kewajibannya. Dia juga bertugas merancang polis asuransi perusahaan. Termasuk memastikan semua risiko dapat ditangani, sehingga apapun yang terjadi, perusahaan akan terlindungi.

Seorang risk manager idealnya harus memiliki gagasan bagus tentang bagaimana cara perusahaan bisa melindungi diri dari potensi risiko.

Baca juga : Cara Memandang Risiko yang Kontemporer

C. Gaji Risk Management Staff

gaji staff risk management

Seorang risk manager pastilah memiliki jumlah gaji yang bervariasi sesuai pada sektor, tanggung jawab, dan lokasi ia bekerja. Meski demikian, perlu dipahami beberapa hal mengenai posisi risk manager ini, yaitu:

Menjadi risk manager bukanlah posisiĀ entry-level. Gaji pada tingkat mid-senior untuk analis risikoĀ ini mulai sekitar IDR 20.000.000 hingga IDR 50.000.000.Ā 

Besaran gaji seorang risk manager akan sangat bergantung pada banyaknya pengalaman dan cenderung terus meningkat sesuai dengan pengalaman substansial di tingkat direktur.

Baca juga : Pentingnya Manajemen Risiko dalam Bisnis

D. Penutup

Itulah penjelasan tentang tugas, tanggung jawab, dan gambaran gaji seorang Risk Manager. Dengan penjelasan tentang kualifikasi danĀ kemampuanĀ yang harus dikuasai oleh seorang Risk Manager, Anda bisa segera mempersiapkan diri jika ingin berkarir sebagai seorang risk manager.

 

Layanan Sertifikasi GRC Indonesia