10 Indikator Keberhasilan Program GRC untuk Transformasi Bisnis Digital

10 Indikator Keberhasilan Program GRC untuk Transformasi Bisnis Digital

Artikel
5/5 - (1 vote)

Pengenalan tentang Governance, Risk, and Compliance (GRC)

Ada tiga elemen kunci yang memuat gambaran umum apa itu Governance, Risk, and Compliance (GRC). Pertama governance atau tata kelola memahami tujuan kerja dan mengelola tanggung jawab pekerjaan supaya mencapai tujuan. Kedua, risk management dalam artian induk manajemen risiko, supaya bisa mengidentifikasi, menanggapi risiko dan kesempatan. Ketiga compliance atau kepatuhan dengan memahami dan mematuhi peraturan internal begitupun eksternal. 

Ketiga elemen ini saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain, sehingga manajemennya secara efektif dapat membantu organisasi mencapai tujuan perusahaan atau organisasi secara berkelanjutan dan sesuai dengan peraturan.

Transformasi Bisnis Digital Sebagai Konteks Utama

Di era pesatnya perkembangan teknologi persaingan bisnis menjadi lebih berkembang, sehingga seseorang tidak hanya bersaing antar toko namun bahkan antar negara dalam pasar online di dunia bisnis yang melakukan transformasi bisnis digital. Di mana menjadi perubahan mendalam untuk organisasi atau perusahaan dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi digital. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, dan terpenting tujuan dari bisnis bisa tercapai. Dampaknya terjadi perubahan signifikan pada cara organisasi dalam mengelola tata kelola, risiko dan kepatuhan. 

Baca juga : Memanfaatkan Automation dan AI untuk Peningkatan Proses GRC

Pentingnya Indikator Keberhasilan dalam Program GRC

Dalam program GRC sangat penting kehadiran indikator keberhasilan. Mengapa ? Karena memberikan pengukuran konkret terhadap pencapaian tujuan. Biasanya aspek-aspek dari indikator keberhasilan mencakup pada aspek-aspek kepatuhan terhadap regulasi, manajemen risiko dan kesehatan keseluruhan dari sistem tata kelola perusahaan. 

Indikator membantu memantau kinerja, mengidentifikasi potensi risiko, dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi. Dengan adanya indikator, program GRC dapat dievaluasi secara efektif untuk memastikan kesuksesan implementasi dan perbaikan berkelanjutan.

Indikator sendiri memiliki keterkaitan dengan transformasi bisnis digital, bahkan sangat terkait satu sama lain. Manfaatnya membantu mengukur sejauh mana perubahan dan inovasi digital bisa mencapai tujuan bisnis dari organisasi atau perusahaan.

Umumnya indikator mencakup pada aspek kinerja operasional, adopsi teknologi baru, pengalaman pelanggan digital, dan efisiensi proses. Dengan mengidentifikasi indikator yang relevan, perusahaan dapat memonitor progres transformasi digital, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan memastikan bahwa investasi dalam teknologi digital berkontribusi secara positif terhadap keseluruhan strategi bisnis.

Baca juga : Memahami Konsep Environment, Social, Governance – Governance, Risk and Compliance (ES-GRC)

Sepuluh Indikator Keberhasilan Program GRC

1. Kejelasan Visi dan Tujuan

Dalam bisnis digital perusahaan atau organisasi yang tergabung dalam program GRC harus mempertimbangkan dan menetapkan visi transformasi digital. Kemudian untuk menetapkan visi transformasi bisnis digital maka perlu melibatkan perumusan gambaran jelas tentang bagaimana organisasi akan mengadopsi teknologi dan inovasi digital dalam meningkatkan operasional. 

Tidak sampai di sana, visi mesti menggambarkan tujuan jangka panjang perusahaan dalam konteks transformasi digital, memberikan arahan yang inspiratif, dan memotivasi seluruh organisasi. 

2. Keterlibatan Pemangku Kepentingan (Stakeholders)

Keterlibatan pemangku kepentingan mencakup sejak awal mendengarkan perspektif stakeholders, dan memastikan pemahaman bersama terkait tujuan dan manfaat dari transformasi tersebut. 

Hal tersebut juga membawa dampak positif dalam keterlibatan pemangku kepentingan untuk pengambilan keputusan. Sehingga akan tersedia saluran komunikasi terbuka sebagai umpan balik untuk perusahaan atau organisasi. Baik partisipasi secara penuh dari pemangku kepentingan, maupun komunikasi efektif dengan seluruh pihak terkait. 

3. Penilaian Risiko yang Komprehensif

Identifikasi risiko secara mendalam merupakan langkah awal dalam penilaian risiko yang komprehensif. Proses ini melibatkan pengenalan dan analisis mendalam terhadap potensi risiko yang dapat mempengaruhi keberhasilan transformasi bisnis digital. 

Maka perlu dilalui tahapan identifikasi risiko, seperti analisis SWOT, pemetaan risiko, konsultasi dengan ahli, analisis penyebab dan dampak, serta prioritas risiko. Maka identifikasi risiko yang komprehensif, bisa membuat organisasi dapat menghadapi potensi tantangan dengan lebih baik dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meminimalkan dampak negatifnya pada transformasi bisnis digital secara berkelanjutan. 

4. Kepatuhan (Compliance) yang Terkelola Baik

Kepatuhan terkelola baik berdasarkan penetapan standar kepatuhan yang jelas dan pelaksanaan monitoring, serta penilaian kepatuhan secara rutin. Maka bisa melalui langkah-langkah pembentukan kebijakan kepatuhan, pelatihan dan kesadaran, penilaian risiko kepatuhan, monitoring real-time, audit dan evaluasi rutin, pengelolaan perubahan kepatuhan. 

5. Adaptabilitas terhadap Perubahan Lingkungan Bisnis

Adaptabilitas terhadap perubahan lingkungan bisnis menjadi kunci keberhasilan transformasi digital. Ini melibatkan pengembangan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan dan kesiapan untuk mengadopsi teknologi baru dengan cepat. Contohnya saja ketika ada Covid-19, maka diperlukan adaptabilitas yang baik dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang beralih ke online. Hal ini sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi teknologi baru. 

6. Efisiensi Operasional

Untuk mendukung operasional secara keseluruhan maka perlu mengoptimalisasi proses GRC. Hal ini ditujukan dalam mencapai efisiensi sebagai indikator keberhasilan program GRC. 

Pasalnya, melalui efisiensi operasional bisa menjadi cerminan bagaimana kemampuan organisasi untuk menjalankan aktivitasnya. Dimana bisa diukur berdasarkan penggunaan sumber daya, waktu respon perubahan, penggunaan teknologi, pemantauan dan pelaporan dan pengurangan biaya. 

7. Penggunaan Teknologi Canggih

Penggunaan teknologi canggih menjadi tolak ukur keberhasilan GRC dalam mengadopsi teknologi terkini. Semisalnya saja pada integrasi AI, analisis data dalam GRC, serta pemanfaatan platform digital untuk pengelolaan GRC. 

Maka aspek yang dilihat sebagai indikator keberhasilan termasuk pada otomatisasi proses GRC, keamanan dan proteksi data, analitika data lanjutan, integrasi sistem terpadu, teknologi pemantauan real-time, dan penggunaan blockchain untuk kepatuhan. 

8. Peningkatan Kinerja dan Produktivitas

Peningkatan kinerja dan produktivitas bisa diukur dengan evaluasi dampak positif terhadap kinerja dan dilanjutkan dengan langkah-langkah untuk meningkatkan produktivitas. 

Adapun elemen yang dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan dalam hal peningkatan kinerja dan produktivitas melalui program GRC meliputi efisiensi proses operasional, penggunaan teknologi, waktu respon terhadap perubahan, peningkatan kolaborasi dan komunikasi, ketersediaan informasi, serta pengurangan kesahan dan tidak kepatuhan. 

9. Keberlanjutan Program GRC

Untuk memastikan keberlanjutan program GRC, implementasi langkah-langkah keberlanjutan menjadi krusial. Seperti pembentukan kultur GRC, pemantauan dan evaluasi secara terus menerus terhadap implementasi program GRC untuk mengidentifikasi perubahan lingkungan dan menyesuaikan dengan program sesuai kebutuhan. Kemudian, melakukan pelatihan dan kesadaran karyawan, dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan tentunya. 

10. Evaluasi dan Pelaporan Kinerja

  • Pengukuran dengan 10 indikator Keberhasilan

    Pengukuran dengan 10 indikator keberhasilan bisa melalui pengukuran kejelasan visi dan tujuan, penggunaan teknologi canggih, efisiensi operasional, peningkatan kinerja serta produktivitas, pemenuhan kepatuhan, keterlibatan pemangku kepentingan, adaptabilitas terhadap perubahan, integrasi sistem GRC, peningkatan kesadaran karyawan, dan keberlanjutan program GRC.

  • Sistem Pelaporan untuk Memantau Kemajuan

    Elemen yang dapat diperhatikan dalam pembentukan sistem pelaporan untuk memantau kemajuan program GRC. Di mana bisa dengan memperhatikan dashboard pemantauan, visualisasi data, pemantauan real-time, laporan berkala, perbandingan dengan tujuan, analisis mendalam, pemantauan indikator keberhasilan, keseluruhan kesehatan program, umpan balik pengguna, beserta aksesibilitas dan keamanan.

Baca juga : Penerapan Prinsip Three Lines of Defense untuk Model GRC yang Optimal

Studi Kasus Keberhasilan 

  • Contoh Implementasi Sukses dengan Fokus pada 10 Indikator :
    PT Bank KB Bukopin (KB Bukopin) Tbk berhasil mengimplementasikan 10 indikator tolak ukur dari program GRC. Tercatat di salah satu pemberitaan, PT Bank KB Bukopin meraih 3 penghargaan sekaligus di ajang GRC and Performance Excellence Award 2023. atas implementasi Governance, Risk and Compliance (GRC) yang diterapkan perseroan. Di antaranya, The Best GRC For Corporate Governance & Compliance 2023, The Best GRC For IT/Digital Transformation 2023 dan The Best CEO For GRC Excellence 2023.
  • Pembelajaran dari Pengalaman Perusahaan Terkemuka
    Selalu memperbaiki diri dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip yang ada pada tata kelola perusahaan, terutama juga berfokus pada GRC untuk kemajuan perusahaan atau organisasi.

Kesimpulan

10 indikator kesuksesan program GRC memainkan peran kunci dalam menentukan efektivitas dan dampak positif program tersebut pada organisasi. Kejelasan visi dan tujuan, penggunaan teknologi canggih, efisiensi operasional, dan peningkatan kinerja adalah elemen-elemen utama yang mencerminkan kualitas dan keberlanjutan program. 

Namun, dibalik kesuksesan program GRC dalam pencapaiannya terdapat tantangan dan peluang ke depan. Hal ini berdasarkan kecepatan perubahan teknologi, kompleksitas regulasi yang terus berkembang, dan keamanan informasi yang semakin penting. 

Jelajahi potensi lengkap transformasi bisnis digital Anda dengan konsultasi langsung tentang Program GRC. Segera jadwalkan konsultasi untuk memulai langkah pertama menuju masa depan yang lebih aman dan efisien! Daftar sekarang untuk mendapatkan wawasan mendalam: Link WhatsApp

 

Referensi

 

Open chat
Hubungi kami