Alur dan Langkah untuk Implementasi ISO 19600:2014 Sistem Manajemen Kepatuhan

Budaya Integritas & kepatuhan saat ini terus berkembang. Banyak organisasi yang mulai menerapkan budaya ini untuk memastikan kesuksesan & keberlangsungan usaha mereka dalam jangka panjang. Dalam membangun budaya ini dibutuhkan standar prosedur yang menunjukkan komitmen untuk memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.

Organisasi yang ingin membuat standar prosedur terkait pengembangan Budaya Integritas & kepatuhan, dapat mengadopsi standar sistem manajemen yang ada. International Organization for Standardization (ISO) telah menerbitkan standar Sistem Manajemen Kepatuhan (Compliance Management Systems ((CMS)) Implementasi ISO 19600:2014. Standar ini berisi pedoman untuk menerapkan, mengevaluasi, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen kepatuhan yang efektif serta rekomendasi tentang elemen-elemen yang ada pada organisasi sehingga organisasi dapat menunjukkan komitmennya terhadap persyaratan hukum dan kapasitasnya untuk menjalankan kewajibannya.

Standar ini mulai diadopsi oleh organisasi-organisasi dalam membangun sistem praktik terbaik untuk kepatuhan dalam organisasi. Panduan pada Standar Internasional ini ditujukan untuk dapat disesuaikan, dan penggunaan panduan ini dapat berbeda bergantung pada ukuran dan tingkat maturitas sistem manajemen kepatuhan organisasi, serta pada konteks, sifat, dan kompleksitas aktivitas organisasi, termasuk kebijakan dan sasaran kepatuhannya.

Alur Sistem Manajemen Kepatuhan

Langkah-Langkah Implementasi Sistem Manajemen Kepatuhan

Implementasi ISO 19600:2014 menguraikan langkah-langkah untuk mengembangkan, menerapkan, mengukur, dan menyempurnakan sistem manajemen kepatuhan. Organisasi menentukan struktur organisasi untuk kepatuhan, ruang lingkup, menetapkan kebijakan, standar, membuat dokumentasi, jadwal pelatihan dan banyak lagi. Organisasi diharapkan dapat mengikuti 15 langkah di bawah ini sehingga persyaratan standar  ISO 19600: 2014 untuk sistem manajemen kepatuhan dapat terpenuhi.

Langkah 1        : Membuat struktur organisasi untuk kepatuhan

Langkah 2        : Mengembangkan kerangka kerja manajemen kepatuhan

Langkah 3        : Mengembangkan kebijakan manajemen kepatuhan

Langkah 4        : Mengidentifikasi kewajiban dan komitmen kepatuhan

Langkah 5        : Membuat dokumentasi kepatuhan

Langkah 6        : Membuat dokumentasi penting lainnya yang diperlukan

Langkah 7        : Membuat repositori dokumen yang tersentralisasi

Langkah 8        : Menetapkan prosedur dan proses

Langkah 9        : Mengembangkan prosedur manajemen kepatuhan

Langkah 10      : Melakukan penjadwalan untuk mengidentifikasi daftar kewajiban kepatuhan

Langkah 11      : Mengimplementasikan sistem manajemen kepatuhan

Langkah 12      : Menjadwalkan pelatihan kepatuhan

Langkah 13      : Membuat laporan kinerja dan analitik

Langkah 14      : Melakukan peningkatan berkelanjutan

Langkah 15      : Mengimplementasikan sistem kepatuhan sesuai roadmap

Untuk menunjang implementasi sistem kepatuhan di atas, salah satu sistem manajemen yang dapat diintegrasikan adalah ISO 37001:2016 yang berfokus pada sistem manajemen anti penyuapan.

Jika organisasi Anda baru dalam mengimplementasikan standar kepatuhan, diharapkan informasi ini dapat membantu organisasi untuk mengimplementasikan praktik terbaik dan membangun sistem manajemen kepatuhan. Selain itu memberikan informasi dalam mengatur sistem internal untuk memenuhi kewajiban dan komitmen hukum dalam organisasi Anda.

Menu