Penjelasan ISO 37301 Sistem Manajemen Kepatuhan, Ruang Lingkup dan Manfaat

Artikel

12 Menit Membaca–

Apa artinya sebuah target besar yang direncanakan perusahaan bila tingkat kepatuhan masih rendah. Hal ini bahkan akan menghambat kinerja perusahaan jika terbentur dengan berbagai regulasi dan peraturan yang ada.

Apalagi, perkembangan bisnis sangat dipengaruhi oleh kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Bahkan tidak jarang peraturan mengalami perbaikan dan perubahan dari waktu ke waktu. 

Perusahaan harus responsif dengan aturan-aturan baru tersebut agar tidak berdampak secara signifikan terhadap jalannya bisnis. Untuk membantu perusahaan meningkatkan kepatuhan Organisasi Internasional untuk Standarisasi atau ISO telah mengeluarkan ISO 37301:2021 tentang sistem manajemen kepatuhan. ISO 37301 merupakan pengganti ISO 19600 tentang standar kepatuhan yang diterbitkan pada tahun 2014.

Apa itu ISO 37301?

Apa itu ISO 37301?

ISO 37301 adalah sistem manajemen kepatuhan yang berisi persyaratan dengan panduan penggunaan dalam menetapkan, mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, dan meningkatkan sistem manajemen kepatuhan yang efektif dan responsif dalam suatu organisasi.

Standar ISO 37301 berfungsi sebagai pedoman bagi organisasi dalam menerapkan sistem manajemen kepatuhan atau Compliance Management System (CMS). ISO 37301 ini juga bisa digunakan untuk membandingkan sistem manajemen yang ada dengan standar internasional.

Sistem Manajemen Kepatuhan merupakan serangkaian proses untuk memastikan operasional perusahaan atau organisasi sudah sesuai dengan semua undang-undang, peraturan, dan kode etik yang berlaku. Penerapan sistem manajemen kepatuhan yang efektif akan membantu perusahaan dalam meningkatkan kepatuhan di seluruh organisasi hingga menentukan dokumen yang relevan.

Persyaratan ISO 37301 bersifat umum dan dapat diterapkan ke semua organisasi baik di sektor publik, swasta, atau nirlaba. ISO 37301 tidak hanya untuk perusahaan besar, namun juga bisa diterapkan pada organisasi manapun yang ingin mengembangkan sistem manajemen termasuk UMKM.

Tujuan ISO 37301

Tujuan ISO 37301

Standar internasional ISO 37301 memberikan persyaratan dan pedoman untuk sistem manajemen kepatuhan yang efektif berdasarkan prinsip tata kelola yang baik, proporsionalitas, transparansi, dan keberlanjutan.

Selain memberikan jaminan kepada pemangku kepentingan penerapan ISO 37301 juga memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk lebih meningkatkan efektivitas CMS yang telah digunakan.

ISO 37301 akan menggantikan standar ISO 19600 tentang pedoman sistem manajemen kepatuhan yang diterbitkan pada tahun 2014. Karena mengandung persyaratan, maka ISO 37301 bisa disertifikasi.

Penjelasan ISO 37301 Sistem Manajemen Kepatuhan, Ruang Lingkup dan Manfaat

Ruang Lingkup ISO 37301

Penerapan ISO 37301 sistem manajemen kepatuhan akan mencakup berbagai hal, mulai dari mekanisme kontrol untuk pencegahan, deteksi dini, dan penghapusan pelanggaran. Standar ini juga mencakup prosedur untuk insiden personal, seperti pelatihan karyawan hingga regulasi terkait laporan kepada badan pengawas.

Baca juga :

Secara umum sistem manajemen kepatuhan  mencakup semua struktur, dan proses yang mempengaruhi kepatuhan aturan dalam perusahaan. Sehingga perusahaan atau organisasi mematuhi hukum, aturan, dan standar di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam meminimalkan risiko tanggung jawab, perusahaan atau organisasi harus memperhatikan berbagai kebijakan hukum atau regulasi yang sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Seperti ;

  • Hukum Perburuhan
  • Peraturan Keselamatan & Kesehatan Kerja
  • Peraturan Lingkungan
  • Peraturan Akuntansi dan Pajak
  • Tata Kelola Perusahaan
  • Tanggung Jawab Produk
  • Kepatuhan Keamanan Informasi
  • Hukum Pasar Modal
  • Peraturan Keselamatan Lalu Lintas
  • Peraturan Ekspor dan Impor

Penjelasan ISO 37301 Sistem Manajemen Kepatuhan, Ruang Lingkup dan ManfaatSertifikasi ISO 37301

Berbeda dengan ISO 19600, ISO 37301 dapat disertifikasi oleh badan sertifikasi dan di semua sektor dan ukuran perusahaan, serta diakui secara internasional. Perusahaan yang sebelumnya telah menggunakan ISO 19600 tidak perlu membuat perubahan radikal untuk beralih ke ISO 37301. 

ISO 37301 akan membantu perusahaan dalam mengkonfigurasi sistem manajemen kepatuhan dalam mematuhi hukum nasional dan norma hukum internasional. Selain itu berfokus pada regulasi dan norma ISO 37301 juga menetapkan kepatuhan akan nilai-nilai sosial dan etika. 

Hal ini membuat ISO 37301 bisa memenuhi seluruh persyaratan standar pengujian compliance management system modern.  Sehingga akan membantu perusahaan dalam pengembangan sistem manajemen kepatuhan yang efektif. 

Selain itu, ISO 37301 juga memiliki elemen sentral yaitu  klasifikasi dan penilaian risiko, dan identifikasi risiko kepatuhan perusahaan.  Perusahaan juga akan terbantu dengan pendekatan ISO 37301 yang menyeluruh pada semua sektor, ukuran, penerapan di semua pengujian organisasi dan relevansi praktisnya. 

Manfaat Sertifikasi ISO 37301Manfaat Sertifikasi ISO 37301

Hal yang paling menarik dari Standar ISO 37301 adalah dapat disertifikasi sehingga akan mendapatkan pengakuan dari lembaga independen yang kompeten terkait penerapan sistem manajemen kepatuhan; selain itu berikut manfaat dari sertifikasi ISO 37301;

  • Membangun kepercayaan dengan pemangku kepentingan
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan di pasar
  • Meningkatkan efisiensi operasional perusahaan
  • Memberikan jaminan bahwa risiko yang terkait dengan undang-undang dan peraturan dikelola dengan tepat.
  • Mengurangi risiko penuntutan karena ketidakpatuhan
  • Mengurangi risiko malpraktik

Sistem manajemen kepatuhan memiliki peran yang cukup besar dalam menunjang kinerja perusahaan. Terutama dalam merespon perubahan kebijakan-kebijakan yang berganti dari waktu ke waktu. Jangan sampai kinerja perusahaan terhambat akibat lalai dalam menanggapi perubahan aturan nasional maupun internasional.

 

Menu
%d blogger menyukai ini: